Situs media online terkini yang menyajikan berita politik dan kabar dari dalam negeri maupun mancanegara yang sedang menjadi viral di media. Tapsel, Madina, Padangsidempuan, Palas Paluta

Empat Cara Jitu agar Gigimu Bebas Lubang

Gigi berlubang atau karies merupakan suatu penyakit yang banyak ditemukan pada masyarakat, baik pada orang dewasa ataupun anak-anak. Gigi berlubang yang tidak dirawat inilah yang menjadi penyebab utama kehilangan gigi pada anak.

Sebenarnya mencegah terjadinya karies gigi cukup mudah, tapi yang disayangkan adalah kurangnya pengetahuan masyarakat dan juga tingkat kesadaran yang rendah dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Berikut cara yang harus Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari guna mencegah gigi berlubang.

Menyikat gigi secara benar

Sikat gigi dilakukan minimal dua kali sehari yaitu pada saat pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Hindarilah menyikat gigi langsung setelah mengkonsumsi makanan yang bersifat asam karena dapat merusak gigi.

Serta pastikan bahwa anda menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu mencegah gigi berlubang. Ganti sikat gigi Anda apabila bulunya sudah rusak atau setiap tiga hingga empat bulan sekali.

Dan sikatlah gigi Anda dengan cara atau metode yang telah direkomendasikan oleh dokter gigi yaitu menyikat dari arah gusi ke gigi.

Bersihkan sela gigi

Pada saat menyikat gigi, terkadang ada area pada sela-sela gigi yang sulit untuk dibersihkan dengan sikat gigi dan menjadi terlewat.

Bagian ini dapat dibersihkan dengan bantuan benang gigi ataudental floss yang bisa Anda beli di apotik atau supermarket, dapat juga menggunakan pasta gigi yang terinspirasi dari keunikan dental floss yaitu pasta gigi yang mengandung Microgranules yang membantu membersihkan sela-sela gigi dan Zinc Citrate yang merupakan anti bakteri.

Bagian ini sebaiknya dibersihkan sekali sehari untuk mencegah terbentuknya plak dan membersihkan sisa makanan.

Obat kumur atau mouthwash



Berkumur dapat membantu menghilangkan sisa makanan dan memperkuat gigi dengan obat kumur yang mengandung fluoride. Bakteri perusak gigi juga dapat hilang dengan penggunaan obat kumur dengan kandungan tertentu.

Penggunaan obat kumur tidak disarankan untuk anak-anak karena dapat beresiko tertelan. Guna kenyamanan pada mulut, Anda dapat memilih obat kumur yang tidak mengandung alkohol.

Namun perlu diingat bahwa penggunaan obat kumur bukan merupakan pengganti dari menyikat gigi atau membersihkan sela gigi. Sikat gigi dengan waktu dan cara yang tepat tetap harus dilakukan setiap harinya.

Menjaga pola makan

Kurangi makan makanan yang manis dan lengket terutama diantara waktu makan/mengemil dan kurangi konsumsi minuman yang bersoda dan mengandung kadar gula tinggi. Akan lebih baik jika menyatukan waktu cemilan dengan waktu makan utama untuk mengurangi paparan gula dalam mulut.

Gula dapat difermentasi oleh bakteri menjadi asam yang dapat merusak gigi dan membuat gigi menjadi berlubang.
Sikatlah gigi setelah mengkonsumsi makanan yang manis dan lengket.

Empat Cara Jitu agar Gigimu Bebas Lubang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andri Michael

0 comments: