Situs media online terkini yang menyajikan berita politik dan kabar dari dalam negeri maupun mancanegara yang sedang menjadi viral di media. Tapsel, Madina, Padangsidempuan, Palas Paluta

Sejumlah kawasan di Tapsel Longsor, Jalinsum Sipirok- Tarutung Putus Total


Padangsidimpuan - Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) jurusan Sipirok- Tarutung putus total sejak Rabu (14/1) pagi, tepatnya di Desa Pengkolan, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. Tanah longsor dari atas menutupi badan jalan di bawahnya mencapai puluhan meter kubik sehingga kenderaan dari dua arah terpaksa antri.

Pengamatan wartawan SIB di lokasi longsor tersebut, tanah yang menutupi badan jalan tersebut sulit disingkirkan karena ketiadaan alat berat di sana. “Sejak pagi kami di sini mengais tanah longsor tapi belum kelar juga,” ujar beberapa warga sembari mencangkul gundukan tanah tersebut.

Kondisi badan jalan tikungan tajam dan menurun sehingga dikuatirkan tanah longsor kian melebar. Potensi longsor sangat mengkhawatirkan mengingat kondisi cuaca mendung dan gerimis. Rekahan tanah di atas badan jalan sangat rentan dan sewaktu- waktu bisa longsor lagi.

Banyak kenderaan terjebak macet di lokasi tersebut, padahal telah dibuat papan pengumuman di jembatan timbang Pal Sabolas, yang jaraknya sekitar 15 kilometer.” Sipirok-Tarutung putus total”.

Seperti dikatakan Br Silalahi yang ditemui di lokasi longsor Pengkolan Sipirok, bahwa mereka hendak ke Medan karena ada pesta adat. “Kami sudah 4 jam di sini terjebak macet. Gundukan tanah di depan sana belum bisa disingkirkan karena tak ada peralatan,” ujarnya.

Petugas dari Polres Tapsel bersama masyarakat berusaha menyingkirkan gundukan tanah dengan tenaga manual. Tampak Kanit Laka Polres Tapsel Iptu Alfian Sitepu bersama petugas lainya mengorek tanah pakai tangan dan kayu. Mereka berharap agar Pemkab Tapsel segera menurunkan alat berat agar jalan bisa lancar.

Sementara itu, Kepala BNPB Kabupaten Tapsel, A Ibrahim yang dihubungi wartawan melalui telepon seluler mengatakan pihaknya sedang turun ke lapangan untuk mendata sejumlah wilayah yang diinformasikan terjadi longsor. “Sampai saat ini datanya masih kita kumpulkan,” ujarnya.

Sejumlah kawasan di Tapsel Longsor, Jalinsum Sipirok- Tarutung Putus Total Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andri Michael

0 comments: