Situs media online terkini yang menyajikan berita politik dan kabar dari dalam negeri maupun mancanegara yang sedang menjadi viral di media. Tapsel, Madina, Padangsidempuan, Palas Paluta

Kades Berharap Dana Desa Cepat Cair

Hingga kini, dana desa yang sebelumnya dikatakan akan cair pertengahan April lalu ternyata belum juga keluar. Kapan akan keluar, menjadi pertanyaan bagi masyarakat dan juga kepala desa.

Kepala Desa Tanjung Baringin Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Palas, Mahmud Fauzi Sitompul mengatakan, perkembangan pencairan dana desa belum diketahuinya secara pasti. Hanya, ia berharap, bisa lebih cepat cair. “Lebih cepat cair kan lebih bagus,” ungkapnya singkat.

Bahkan, Mahmud sendiri mengaku belum tahu persis bagaimana rincian pengalokasiannya ke depan. Karena itu, ia berharap masih ada sosialisasi dari pemerintah atau tim yang ditunjuk.

Sementara itu, baru-baru ini, Kepala Bidang Pemerintah Desa pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Padang Lawas, Sainal Abidin mengaku, pengusulan belum bisa dilakukan ke pusat karena masih belum ada peraturan bupati yang mengatur dana desa ini. Perbup belum bisa diterbitkan waktu itu, karena masih menunggu revisi PP nomo 60 tahun 2014 tentang dana desa.

Hanya, revisi PP itu sudah terbit, dengan terbitnya PP nomor 22 tahun 2015 atas perubahan PP nomor 60 tahun 2014 tentang dana desa. Sayang, belum didapatkan informasi terbaru dari BPMPD Palas terkait terbitnya revisi PP tersebut, apakah Perbup sudah dibuat atau belum. Kepala BPMPD Palas, Muaz Daulay tidak berhasil dikonfirmasi.

Mengutip PP nomor 22 tahun 2015 tentang dana desa, terlihat alokasi pembagiannya ditetapkan jadi dua, yakni alokasi dasar dan alokasi yang memperhatikan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah dan tingkat kesulitan geografis. Alokasi dasar ditetapkan sebesar 90 persen dari total dana desa. Sementara, melihat website kementerian keuangan, tertera total alokasi dana desa untuk Kabupaten Padang Lawas sebesar Rp22.034.675.147.

Artinya, 90 persen dari alokasi Rp22 miliar tersebut akan dibagi untuk 303 desa se-Kabupaten Padang Lawas. Sisanya, baru dibagikan lagi sesuai rencana yang menggunakan formula jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah dan tingkat kesulitan geografis.

Kades Berharap Dana Desa Cepat Cair Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andri Michael

0 comments: