Situs media online terkini yang menyajikan berita politik dan kabar dari dalam negeri maupun mancanegara yang sedang menjadi viral di media. Tapsel, Madina, Padangsidempuan, Palas Paluta

Bulog Sumut Gencarkan Operasi Pasar Cabai Merah

JAKARTA – Perum Bulog Divisi Regional Sumatra Utara menggelar operasi pasar di Pasar Petisah untuk meredam harga cabai merah.

Pasalnya, berdasarkan data BPS Sumut, di Medan harga cabai merah mengalami inflasi tertinggi pada Mei 2015 yakni 95,46%.

Kepala Bulog Sumut, Fasika Khaerul Zaman mengatakan dalam operasi pasar cabai merah kali ini, pihaknya menggelontorkan stok satu ton. Bulog Sumut tengah mempertimbangkan untuk menambah frekuensi operasi pasar.

“Kami akan lihat dulu situasi selanjutnya. Tapi sudah kami rencanakan 3 minggu sebelum puasa, operasi pasar cabai merah akan kami lakukan setiap hari,” katanya di sela-sela operasi pasar.

Dia menyebutkan akan melakukan operasi pasar serupa di empat pasar tradisional yakni Petisah, Aksara, Sukaramai, dan Pusat Pasar. Bulog Sumut akan menggelontorkan stok sau ton untuk masing-masing pasir.

Pada Mei 2015, BPS Sumut mencatat inflasi mencapai 1,02% atau lebih tinggi dari April 2015 yakni 0,89%.

Kenaikan ini disebabkan oleh lonjakan inflasi yang juga dialami oleh seluruh kota survei indeks harga konsumen. Inflasi tertinggi dialami Sibolga 1,56%, diikuti Pematang Siantar 1,11%, Medan 1,01% dan Padang Sidempuan 0,62%.

Inflasi sebagian besar masih disebabkan oleh kenaikan harga bahan makanan dengan andil 0,89% dan inflasi 3,81%. Di Medan, berdasarkan jenis komoditas, kenaikan harga tertinggi dialami oleh cabai merah yakni 95,46%, cabai hijau 44,2% dan wortel 24,91%. Selain itu, harga daging ayam ras ikut naik 10,73% dan gula pasir 3,59%.

Inflasi pada Mei 2015 menyebabkan laju inflasi kumulatif Sumut 0,16%. Sementara itu, laju inflasi year on year Sumut menjadi 7,47%.

Bulog Sumut Gencarkan Operasi Pasar Cabai Merah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andri Michael

0 comments: