Situs media online terkini yang menyajikan berita politik dan kabar dari dalam negeri maupun mancanegara yang sedang menjadi viral di media. Tapsel, Madina, Padangsidempuan, Palas Paluta

Banjir Lahar Sinabung Lumpuhkan Akses Jalan

Tiganderket, Banjir lahar Gunung Sinabung melanda Desa Mardingding Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo, setelah turun hujan deras, Jumat (29/5) malam.

Derasnya arus air yang mengalir disertai material, bongkahan batu, potongan kayu yang hanyut merusak akses jalan di Desa Mardingding.

Akibat rusaknya akses jalan ini, warga yang hendak keluar desa untuk bekerja, dan anak sekolah yang pergi ke sekolah di Tiganderket menjadi terhambat. Mereka tidak bisa melewati jalur sungai yang memotong jalan yang terputus diterjang banjir lahar.

Orangtua serta anak sekolah bergotong royong memperbaiki jalan menyusun batu, agar kendaraan roda dua dapat melalui jalur sungai yang telah rusak berat dengan kedalaman mencapai 1,5 meter. Begitu juga anak sekolah yang menumpang bus, terpaksa turun berjalan kaki melewati sungai sepanjang 2 km menuju Tiganderket. Bus angkutan umum tidak bisa melewati jalur sungai dan parkir di seberang menunggu anak sekolah pulang.

Ketua BPD Mardingding, Jefri Sangapta Singarimbun kepada wartawan Minggu (31/5) mengatakan, pembangunan jembatan ke desa Mardingding perlu disegerakan mengingat seringnya jalan menuju desa terputus, hal ini mengganggu aktivitas warga, anak sekolah, dan setiap saat harus dihadapkan kepada tantangan yang penuh resiko mempertaruhkan nyawa mereka.

Hal ini harus disikapi pemerintah untuk mempercepat pembangunan jembatan pada jalur lahar Desa Mardingding. Karena, bagi masyarakat Desa Madingding tidak ada jalan alternatif lain bila hendak pergi.

“Sudah sekian lama jalan menuju Desa Mardingding terputus dan masih tetap dibiarkan belum mendapat perbaikan dari pemerintah,” katanya.

Banjir Lahar Sinabung Lumpuhkan Akses Jalan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andri Michael

0 comments: