Situs media online terkini yang menyajikan berita politik dan kabar dari dalam negeri maupun mancanegara yang sedang menjadi viral di media. Tapsel, Madina, Padangsidempuan, Palas Paluta

DPRD Tapsel ‘Jalan-jalan’ Medan-Jakarta

Tapsel – Memasuki bulan pertama Tahun 2013, DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan menjalankan tugas pertamanya dengan "jalan jalan" dengan menggunakan biaya perjalanan dinas luar daerah ke Medan dan Jakarta.

Tidak diketahui dengan jelas maksud dan tujuan perjalanan dinas luar daerah itu dilaksanakan dan diinformasikan belum ada dana yang dikeluarkan pihak Sekretariat Dewan untuk perjalanan dinas tersebut sehingga dikabarkan para anggota dewan yang berangkat ke Medan dan Jakarta di akhir bulan Januari dan awal bulan ini dengan menggunakan biaya mendahului.

Aktifis Tapsel Sutan Maruli di Padang Sidimpuan, Selasa (19/02/2013) mengatakan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 113/PMK.05/2012 jelas disebutkan bahwa perjalanan dinas jabatan dibayarkan sebelum perjalanan dinas dilaksanakan walau memang ada ketentuan pembayaran dapat dilakukan setelah perjalanan dinas dilaksanakan tetapi harus yang bersifat mendesak/segera.

"Yang menjadi pertanyaan, apa yang mendesak di Tapanuli Selatan sehingga sejumlah anggota dewan berangkat ke Medan dan Jakarta? Pengalaman selama ini terkesan tidak ada output yang diperoleh dari perjalanan dinas luar daerah ataupun tukar informasi yang dilakukan DPRD untuk daerah Kabupaten Tapanuli Selatan,” katanya.

Menurutnya pengalokasian perjalanan dinas luar daerah untuk DPRD Tapanuli Selatan yang jumlahnya bermiliar-miliar terkesan mubazir dan terindikasi menjadi ajang untuk menambah penghasilan semata.

Perjalanan dinas luar daerah yang dilakukan sejumlah anggota dewan ke Medan dan Jakarta tersebut juga dinilai tidak memenuhi prosedur PMK Nomor 113/PMK.05/2012, dimana terdapat ketentuan bahwa SPD ditandatangani oleh PPK bukan PA/KPA, selanjutnya adanya perikatan menyangkut pengadaan tiket dan penginapan dengan mekanisme pengadaan barang/jasa pemerintah.

"Sekretariat Dewan sendiri belum melaksanakan perikatan terhadap penyedia jasa transportasi dan penginapan, bagaimana mungkin anggota DPRD sudah bisa melakukan perjalanan dinas luar daerah? Karena itu patut diduga ada prosedur yang dilanggar,” ungkap Sutan.

Selain melakukan perjalanan dinas luar daerah, Anggota DPRD Tapanuli Selatan dalam waktu dekat kembali akan " jalan-jalan" untuk tukar informasi/studi banding ke sejumlah daerah di luar Pulau Sumatera. "Inilah kegiatan yang aneh, sekarang kan sudah jaman canggih, kalau studi banding/tukar informasi kenapa harus manual, kan  bisa studi banding di internet. Mau daerah mana saja di Indonesia bisa dilihat perkembangannya melalui internet,” lugas Ritonga.

Selanjutnya, ia menyarakan Sekretariat Dewan tidak melakukan pencairan terhadap perjalanan dinas luar daerah yang dilaksanakan DPRD sebelum adanya penetapan pengadaan jasa transportasi dan penginapan. "Aturannya jelas. Kecuali Kabupaten Tapanuli Selatan tidak dalam ruang lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia maka otomatis PMK it tidak berlaku,” tandasnya.

Sekretaris DPRD Tapsel Roddani Hasibuan ketika dikonfirmasi via SMS tidak memperoleh jawaban. Demikian juga Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu tidak berkomentar hingga berita ini dikirimkan. (BS)

DPRD Tapsel ‘Jalan-jalan’ Medan-Jakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andri Michael

0 comments: