Situs media online terkini yang menyajikan berita politik dan kabar dari dalam negeri maupun mancanegara yang sedang menjadi viral di media. Tapsel, Madina, Padangsidempuan, Palas Paluta

Google Webmaster Tools - Cara Pasang Site Map

Google Webmaster adalah alat yang membantu Anda dalam mengelola pengindeksan Google dari situs Anda, dan meningkatkan lalu lintas (traffick) ke situs Web (blog)Anda. Ini merupakan pelajaran lanjutan bagi mereka yang ingin memanfaatkan pilihan ini. Tapsel.net telah membuatnya menjadi mungkin bagi Anda untuk mengambil keuntungan dari alat optimasi Google Webmaster Tool. Pelajaran berikut ini akan memberikan langkah demi langkah petunjuk tentang cara untuk memverifikasi situs Anda dan mengirimkan Peta Situs ke Google Webmaster.

Langkah 1: Memeriksa Situs Anda dengan Google Webmaster



Sebelum mencoba untuk memverifikasi situs Anda dengan Google Webmaster, situs Anda harus diterbitkan (publikasi) karena Anda akan membutuhkan URL dari situs Anda untuk mengirimkannya untuk verifikasi. Jika situs Anda belum diterbitkan dan Anda memerlukan petunjuk tentang cara untuk melakukannya, silakan lihat tutorial kami: Penerbitan Situs Anda.

Setelah situs Anda diterbitkan, dan Anda memiliki URL, kepala di atas ke Google Webmaster untuk memulai. Anda harus membuat akun Google jika Anda tidak memiliki satu, jika tidak, anda hanya dapat sign in

Pada homepage, Anda akan melihat pesan selamat datang dengan hyperlink disebut "Add your site to get started". Klik ini untuk membuka kotak pengajuan situs.

Penting:
Isi URL (domain name) situs Anda diterbitkan, bukan URL dari blogspot.com jika anda menggunakan engine blogspot (URL blogspot Anda ketika mendaftar blogger di blogspot ) dan anda sudah memiliki domain sendiri. URL blog saya adalah infotapsel.blogspot.com - ketik URL situs ANDA. Setelah selesai, klik "Continue".

Jika Anda memiliki domain kustom seperti contoh.com pastikan untuk memasukkannya ke lapangan termasuk "www" sehingga muncul seperti ini: www.contoh.com.

Pastikan bahwa Anda tidak mengetik domain Anda seperti http://www.domainname.com/. Karena karakter "/" akan menyebabkan validasi gagal.

Layar berikutnya akan memberi Anda pilihan untuk memverifikasi situs Anda. Ini akan terbuka secara default, pada tab disebut "Recommended method". Silahkan klik pada tab "Alternate methods" dan pilih "Add a meta tag to your site's homepage". Hal ini sangat penting, karena tidak mungkin untuk memverifikasi situs Anda menggunakan file HTML seperti http://www.bloganda.net/google8c9bf06c275b6e4f.html karena kita menggunakan engine blogspot.com, kecuali anda menggunakan hosting sendiri.
Ini mungkin bagian yang agak membingungkan! Anda perlu menyalin kode verivikasi yang tepat agar berhasil menambahkan kode ke situs Anda. anda tinggal copy <meta name="google-site-verification" content="eFxBoH7q2tR6eSCICxKDtYeiBjYedA0iLWwxu_2oA50" />
Sekarang bahwa Anda memiliki kode verifikasi saatnya untuk menempatkan kode ini ke situs Anda dalam settinga blog tersebut. Untuk melakukan hal ini:

  1. Langsung menuju Dashboard >> Template >> edit html >> proceed >>
  2. Letakan kode html tadi dibawah kode <head>atau diatas <b:skin><![CDATA[ supaya lebih memudahkan pencarian gunakan ctr+f pada keyboard lalu ketik kode yang ingin dicari
  3. Jangan lupa klik > save template. Tunggu hingga proses penyimpanan (save) benar benar selesai. Sekarang kode verifikasi sudah dimasukan pada halaman blog langkah selanjutnya adalah kembali ke tab semula yaitu webmaster tools untuk melakukan verifikasi
  4. Pada webmaster tools langsung saja klik tombol merah 'verify' atau not now jika ingin menunda verifikasi.

Selamat! Anda telah menyelesaikan bagian pertama dari proses. Jika Anda ingin, Anda sekarang dapat melanjutkan ke langkah dua di bawah ini.

Langkah 2: Mengirimkan Peta Situs ke Google Webmaster



Ketika Anda mempublikasikan situs Anda, blogger menghasilkan sitemap atas nama Anda. Anda dapat mengirimkan sitemap ini ke Google Webmaster untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang situs/blog Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang mengapa Anda harus mengirimkan sitemap, klik di sini: Apa Sitemap Sitemap untuk situs Anda diterbitkan adalah nama domain Anda, diikuti dengan: "/ sitemap.xml" atau "/feeds/posts/default" atau "/atom.xml". Jadi URL dari sitemap saya untuk situs pengujian saya akan menjadi: "http://infotapsel.blogspot.com/sitemap.xml" atau "http://infotapsel.blogspot.com/atom.xml".
Pada halaman Dashboard google webmaster, klik "Submit a Sitemap" di kanan bawah halaman, kemudian pada halaman berikutnya klik "Submit Sitemap" lagi. Nama domain Anda akan muncul dalam kotak dialog, masukkan :
  • sitemap.xml
  • feeds/posts/default
  • atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100
  • atom.xml?redirect=false
setelah itu dan klik "Submit Sitemap".

Selamat! Anda sekarang telah memverifikasi situs/blog Anda dengan Google Webmaster tool dan mengajukan sitemap. Setelah Google menelusuri situs/blog Anda, Anda akan dapat login ke account Google Webmaster Anda untuk mendapatkan data yang akan membantu Anda mengoptimalkan situs/blog Anda untuk mesin pencari google.

Tanya Jawab
Di mana saya mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara Google Webmaster?
Halaman Bantuan Google Webmaster dapat anda kunjungi di sini link: Bantuan Google Webmaster .

nb : tutorial ini adalah untuk pemula seperti saya.
reff : https://www.yola.com/

Google Webmaster Tools - Cara Pasang Site Map Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andri Michael

0 comments: